The State Of Desain Grafis Di Yordania

The State Of Desain Grafis Di Yordania

The State Of Desain Grafis Di Yordania

Jordan unik hasil posisi geografis para ahli yang memilih pengembangan diri yang mencakup desain grafis. Para ahli juga terlibat dengan perkembangan yang terjadi di negara-negara tetangga dan internet sangat berguna dalam menempatkan pihak yang berkepentingan dalam kedua bidang berhubungan dengan satu sama lain dan berbagi alat pengembangan yang mungkin. Pengembangan Desain Grafis juga dibantu oleh pameran tahunan dan konferensi khusus yang diadakan baik di Yordania dan di luar dunia Arab.

Akademik dan profesional spesialis untuk dasar dalam mengembangkan desain grafis melalui pembentukan lembaga-lembaga pembelajaran lokal. Dalam akademisi lembaga programmer dan guru desain grafis dapat bertemu dengan desainer profesional dan membahas cara bisnis bergerak maju dan persyaratan dari pasar tenaga kerja.

Pelatihan praktis dianggap sebagai dasar dari Desain Grafis yang di atasnya keterampilan akademik siswa dan kreativitas nya dibangun. Bekerja di kantor desain dianggap alat yang paling penting dan efektif dalam mengukur tingkat pembelajaran akademis. Hal ini juga memberikan indikasi efektivitas guru dalam memproduksi generasi mahasiswa mampu menangani dengan etos akademis dan terlibat dengan persyaratan profesi. Pelatihan ini memberikan siswa dengan kesempatan untuk memoles dan mengembangkan keterampilan mereka dengan bekerja bersama praktisi didirikan samping. Alat grafis hari ini desain mengandalkan teknologi informasi untuk memproduksi visualisasi dari perkembangan ilmiah. Visualisasi ini membutuhkan pemahaman teori ilmiah dan alat-alat visualisasi yang tersedia yang pada gilirannya bergantung pada keahlian desainer grafis.

Dalam tulisan ini saya akan fokus pada profesi desain grafis dan pengembangannya dengan membahas perkembangan awal. Saya akan meninjau aspek-aspek positif dan negatif dari pembangunan itu dan bagaimana mereka berhubungan dengan perubahan pasar dan ukuran pasar dan tenaga kerja. Saya juga akan membahas konsep-konsep akademis dan kebutuhan untuk desainer grafis lulusan.

Dalam tulisan ini saya ambil dari pengalaman saya bekerja di Yordania sejak tahun di MIDAS Pendirian dan peran saya dalam pelatihan mahasiswa di Universitas Yarmouk dan Ilmu Terapan Universitas yang saya telah melekat sejak tahun . Makalah ini membahas banyak pertanyaan dan bertujuan untuk mengeksplorasi mekanisme meningkatkan desain grafis di sektor akademik dan profesional.

Tahap awal bersejarah dan teknis desain grafis di Yordania

Desain grafis dikembangkan bersama industri teknologi pencetakan dan informasi. Percetakan dibawa ke Yordania pada -an oleh orang-orang yang telah belajar perdagangan di negara-negara lain. Evolusi pencetakan Jordan adalah sama dengan negara-negara lain. Percetakan mulai menggunakan cetakan kayu seng dan klise kemudian letterpress serta pencetakan alat-alat lain simbol dan bentuk. Ini adalah teknologi cetak yang membatasi ruang lingkup untuk memproduksi desain baru. Berbagai item dicetak terbatas pada surat kabar kartu dan stasioner. Percetakan dimulai terutama dalam warna hitam dan putih dan kemudian dikembangkan untuk membuat klise foto yang dibuat melalui mana printer mampu mencetak dalam warna penuh. Typolography atau mengangkat cetak adalah metode utama dan masih digunakan sampai sekarang. Offset printing meningkatkan kualitas produksi menyediakan perbaikan dalam warna dan reproduksi gambar. Sekitar waktu yang sama peran desainer grafis dikembangkan melibatkan penyusunan dan makettes maka film montase dan piring siap untuk dicetak prepress ini bergantung pada profesionalisme teknisi film yang montase untuk persiapan latar belakang untuk gambar dan kata-kata. Prepress dianggap proses yang paling penting dalam produksi dari artikel dicetak akhir. Proses ini dilakukan di pusat layanan prepress yang terbatas pada institusi tunggal sampai . Pusat ini memiliki kemampuan dan teknologi untuk melakukan berbagai teknik di mana sentuhan artistik yang diperlukan.

Pada akhir tahun enam puluhan pelopor desain tidak desainer grafis tetapi harus belajar teknologi dan kaligrafi kolase. Mereka mampu meniru desain dari luar negeri dan dalam beberapa kasus mereka direproduksi. Pekerjaan mereka awalnya berkisar dari kartu ucapan kartu nama sosial stasioner kop surat dan amplop kemudian berlanjut ke brosur dan folder. Pekerjaan terutama terbatas pada iklan surat kabar yang mengandalkan terutama pada metode cetak offset. Kita tidak boleh melupakan teknologi udara sikat yang disediakan desainer dengan penggunaan warna gradasi mencapai tiga dimensi efek untuk beberapa desain meskipun jumlah orang yang menggunakan ini terbatas.

Dari – desain dilakukan oleh spesialis di Seni Plastik dan Arsitektur serta lulusan pertama dari perguruan tinggi seni di Yarmuok Universitas dan lembaga-lembaga sejenis. Pada akhir tahun delapan puluhan Linotype komputer digunakan sebagai alat penerbitan surat kabar untuk mempersiapkan teks untuk tata letak dan tempel pada halaman yang dibutuhkan di samping iklan. Beberapa penerbit memiliki kantor desain grafis yang juga diperoleh sistem ini untuk memastikan produksi buku dan majalah untuk kualitas yang sama. Linotype juga digunakan untuk mempersiapkan desain brosur dan bahan iklan yang tidak dapat digambar tangan. Dengan waktu Linotype juga digunakan untuk persiapan bahan lain dengan metode ini termasuk kartu ucapan poster dan iklan.

Desain dan sektor percetakan menemukan komputer menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan produktivitas. Pada tahun dengan kedatangan komputer desain pertama oleh Apple Macintosh jumlah pekerja di lapangan meningkat dan kinerja berkembang di pra-cetak tahapan seperti pembuatan film dan pemisahan. Namun biaya komputer berarti bahwa ada gunakan masih terbatas. Produksi komputer pribadi oleh pesaing Apple Macintosh serta kemudahan yang film dapat diproses melalui program-programnya menciptakan peningkatan besar dalam jumlah profesional yang tertarik dalam desain grafis. Hal ini menjadi jelas oleh pertumbuhan jumlah instansi kantor desain rumah penerbitan dan pusat-pusat pelayanan.

Komputer pribadi mempengaruhi aspek teknis dan artistik produksi. Beberapa sentra produksi mampu mengembangkan dasar keterampilan mereka dan dengan merekrut desainer berpengalaman dan mengembangkan mereka dengan pelatihan pengorganisasian. Orang-orang ini sangat terlatih mencapai standar tinggi dari pekerjaan dalam dan di luar Yordania dan mampu bersaing dengan orang lain di daerah Arab dan menangkap pangsa pasar ini menghasilkan banyak publikasi. Spesialis Yordania menjadi pesaing serius terhadap negara-negara Arab lainnya yang sebelumnya dimonopoli bidang desain dan percetakan. Jordan telah dikembangkan sehingga dapat memenuhi permintaan untuk desain dan pencetakan dalam negeri. Jordan telah menjadi magnet bagi banyak penerbit di kawasan Arab. Banyak produksi dan organisasi penerbitan mampu mengejar tingkat teknologi terbaru. Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa mereka akan mengembangkan lebih lanjut dengan menggunakan alat-alat produksi modern dan ini akan memastikan ada cukup spesialis lokal yang dapat terus menghasilkan karya dengan kualitas terbaik.

Laju perkembangan teknologi membuat perlu bagi lembaga akademik untuk menyediakan pasar Yordania dengan pekerja terampil yang dapat bekerja dengan standar tinggi yang diperlukan. Lembaga-lembaga ini harus terus-menerus beradaptasi dengan kemajuan teknologi serta mendukung akademisi dalam upaya mereka untuk meningkatkan aspek artistik ilmiah dan teknologi produksi dan penerbitan. Hubungan juga harus diperkuat dengan kerjasama antara pemimpin bisnis dan institusi akademik dalam rangka memberikan manfaat saling meningkatkan standar dengan tujuan utama menjaga dengan perkembangan baik lokal maupun internasional.

Cara termudah untuk menilai standar desain dan percetakan di suatu negara adalah melalui majalah koran dan buku yang diterbitkan. Televisi juga menyediakan sebuah karya untuk komunikasi visual melalui iklan yang diproduksi secara lokal. Kecepatan pembangunan pencetakan telah membuat pemaksaan pada desain grafis dan desainer sendiri. Desainer harus terus memperbarui pelatihan mereka untuk mengikuti perkembangan teknologi baru. Hal ini memungkinkan mereka untuk berada di garis depan dari meningkatkan kualitas dan kreativitas dalam semua aspek produksi.

Keuntungan dan kerugian dari sektor bersekutu dengan grafis desain

Ketika mendiskusikan organisasi yang terlibat dalam desain dan produksi di Yordania mudah untuk menjadi kewalahan oleh berbagai dan kelimpahan dari mereka. Organisasi-organisasi menjenuhkan pasar. Salah satu alasan untuk jumlah organisasi adalah berbagai format produksi masing-masing memiliki struktur tersendiri. Computerisation telah menyebabkan banyak operator yang dibuat menganggur.

Sumber produksi dapat dibagi menjadi

– Desain

– Pencetakan

Komersial

– Penerbitan rumah

– Pre-press layanan pusat

– Perangkat lunak komputer pusat pelatihan

Ini adalah organisasi di mana orang sering mencari desainer grafis meskipun sebagian besar dari mereka tidak memiliki staf akademis terlatih yang mengkhususkan diri dalam desain grafis. Banyak dari orang-orang yang sudah memiliki organisasi-organisasi ini telah memilih untuk spesialisasi. Beberapa dari mereka khusus karena profesi tidak memerlukan pengeluaran modal yang besar yang lainnya khusus karena mereka memiliki pengetahuan tentang alat yang digunakan. Kebanyakan tampaknya memiliki spesialisasi karena ini menyediakan mereka dengan status dalam komunitas mereka.

Meskipun ada banyak organisasi yang bekerja di desain grafis para pekerja dan pemilik dalam perusahaan sering kurangnya kesadaran konsep desain grafis profesional karena mereka belum mempelajari subjek secara mendalam. Kesempatan kerja bagi lulusan baru mulai berkembang setelah tahun ketika beberapa organisasi menyadari kebutuhan untuk pekerja terampil tersebut dan institusi akademik yang mampu menghasilkan profesional dari standar ini. Kesan lulusan desain grafis telah berubah sehingga perusahaan tidak lagi memilih lulusan yang belajar di luar negeri. Perusahaan desain telah melihat kualitas tinggi dari produk yang terlatih dapat menghasilkan lulusan dengan kompetensi dan keterampilan dan kemampuan mereka untuk menggunakan berbagai macam desain dan peralatan percetakan. Tanpa program pelatihan yang terstruktur pengalaman telah diperoleh melalui hap-bahaya on the job training.

Salah satu kelemahan orang menghasilkan desain adalah bahwa mereka tidak selalu yakin tentang bagaimana menggunakan teknik terbaru. Mereka sering meminta nasihat dan lebih memilih untuk bekerja di dalam zona kenyamanan mereka gagal untuk menghasilkan desain yang akan menuntut banyak waktu usaha atau perawatan. Lulusan jauh lebih nyaman dengan perubahan dan bersedia untuk mengembangkan keterampilan baru. Ada beberapa profesional bagaimanapun yang telah berharga dalam pengembangan desain grafis oleh orang lain pelatihan dan mengembangkan keterampilan mereka sendiri teknis dan profesional. Orang-orang ini juga telah memantau laju pembangunan di bidang percetakan dan desain grafis.

Banyak dari para profesional telah membentuk diri menyeluruh kualitas tinggi dari pekerjaan yang mereka hasilkan. Hal ini tidak mungkin tanpa tubuh yang mampu sadar dan terdidik dari rekan kerja yang memiliki pengetahuan ilmiah dan kreatif daripada meniru karya orang lain.

Kesenjangan meningkat antara desainer akademik dan majikan atau art director dan manajer yang kreatif sering disebabkan kesalahpahaman peran desainer grafis. Dalam industri prioritas dari beberapa desainer atau pemilik lembaga adalah profitabilitas terlepas dari kualitas hasil.

Masalah pertama adalah bahwa beberapa direktur seni atau manajer kreatif tidak menyadari pentingnya posisi mereka dan sering majikan sama tahu tentang hal ini. Jabatan sering sewenang-wenang sehingga manajer artistik atau kreatif seringkali tidak memiliki pengalaman dan keahlian.

Ada tidak adanya bahasa yang sama antara desainer akademik dan manajer atau pengusaha. Hal ini sering frustrasi desainer menciptakan ketidakamanan dan menghambat kreativitas. Lingkungan seperti itu bisa menjadi upaya untuk mengurangi status desainer dan membatasi dirinya terlibat dalam berpikir kreatif dia akan telah diajarkan dan universitas.

Kecukupan realitas profesional

Desainer grafis dibedakan dari bidang lain dengan menjadi salah satu profesi yang paling kreatif mereka bekerja dengan teknologi informasi dan komunikasi visual. Hal ini juga melibatkan berurusan dengan dunia bisnis di mana kredibilitas dan kemampuan yang diperlukan untuk mencapai karya kreatif. Kualifikasi dan bakat adalah penting untuk ini.

Seorang desainer grafis tidak hanya seorang seniman tetapi juga teknisi yang mampu menggunakan perangkat lunak dan teknik untuk mengatasi proyek di tangan. Pendekatannya harus melampaui komunikasi dengan penonton untuk promosi yang efektif dan layar. Tujuannya adalah untuk menghasilkan kejelasan dan ia harus mampu melakukan ini dari informasi yang menggunakan teknik yang tersedia baginya. Tujuannya adalah untuk menghubungkan data dan untuk melakukan hal ini harus memahami pengembangan dan desain perangkat lunak yang dapat digunakan. Dia harus memahami semua inovasi dan metode merancang teks.

Sektor desain membutuhkan profesional untuk memiliki pengalaman untuk dapat memilih dan mengklasifikasikan informasi dan untuk menciptakan hubungan antara unsur-unsur terkait. Namun ini tidak akan cukup jika mereka tidak dapat menafsirkan ini dan mengubahnya menjadi bentuk tertentu. Hal ini juga penting untuk memahami kosa kata dari bahasa dengan suara dan musik karena mereka adalah alat yang paling penting dari komunikasi. Ditambahkan ke ini desainer harus memahami bagaimana menggunakan software desain khusus untuk menulis teks mempersiapkan gambar kartun animasi dan website. Perancang harus tahu tentang desain waktu ritme transformasi dan presentasi visual.

Potensi sektor desain harus diwujudkan dengan pengetahuan tentang teori-teori yang diperlukan dan teknik untuk meningkatkan komunikasi dengan penonton memperkaya proposal desain dan memahami aspek reflektif dari proses desain studi dan penelitian.

Ada banyak variasi dalam kualifikasi staf dalam sektor desain. Adalah penting untuk membedakan antara pengrajin dan desainer akademis. Para desainer grafis adalah entitas budaya dan intelektual lengkap yang dicatat dalam teori sensasional teori linguistik kefasihan visual dan sejarah budaya seni sastra ilmu pengetahuan teknologi industri dan kemanusiaan. Mereka tidak bisa mengisolasi diri dari perkembangan teori komunikasi pengembangan informasi dan dari manajemen dan kritik. Selain itu untuk meningkatkan nilai tambah dari produk akhir semua metode dan alat yang digunakan dalam produksi dan publikasi harus dipahami. Mereka harus memahami tahapan sebelum desain dan mereka harus memahami proses pencetakan dan implikasinya pada desain.

Pasar penuh sesak dengan orang-orang yang bekerja di desain grafis. Karena penggunaan yang luas dari desain grafis di berbagai bidang pekerjaan meluasnya penggunaan komputer dan ketersediaan paket software dasar ada peran bagi orang-orang menggunakan desain grafis tanpa pengetahuan sebelumnya. Ekspresi desain grafis masih belum cukup dipahami oleh beberapa pengusaha di perusahaan industri dan komersial dan organisasi yang membutuhkan jasa desain grafis.

Saya tidak meragukan potensi sektor kejuruan tetapi ini adalah realitas desain grafis. Harus diingat bahwa orang-orang berkualitas baik kini menempati posisi status tinggi di pasar Yordania menunjukkan keahlian dan kemampuannya untuk menunjukkan tingkat tertinggi dari desain grafis.

Ukuran pasar dan orang-orang yang bekerja di desain grafis

Sekarang ada lebih dari lima ratus perusahaan yang bekerja di desain grafis. Ada banyak yang tidak akan mengklasifikasikan diri mereka sebagai agen pusat atau kantor karena mereka telah menemukan ceruk pasar mereka sendiri. Oleh karena itu klasifikasi ini tidak dapat bermakna diterapkan di Yordania.

Sektor ini adalah besar dibandingkan dengan pasar. Pembentukan organisasi baru desain grafis memuncak pada tahun . Sejak itu beberapa telah menurun sementara yang lain telah diperluas. Beberapa telah mengalami stagnasi atau mengubah manajemen sementara yang lain telah bergabung.

Sebuah cepat melihat sektor desain akan menunjukkan bahwa dari mereka yang bekerja di lapangan dapat diklasifikasikan sebagai

– Ilmu komputer lulusan

– Arsitektur lulusan

– Interior desain lulusan

– Lulusan di Komputer dan Seni Rupa dari komunitas perguruan tinggi

– Baik seni lulusan baik spesialis desain grafis dan non-spesialis

– Lulusan kursus desain dijalankan oleh komputer pusat

– Menganggur orang yang tertarik pada komputer

Universitas berpendidikan lulusan desain grafis memenuhi peran penting karena

– Universitas menghasilkan Desainer Grafis dengan pandangan yang berbeda dengan yang disebutkan di atas.

– Organisasi dijalankan oleh orang-orang yang mengerti desain grafis akan lebih mampu untuk mengembangkan keterampilan desainer dan beradaptasi dengan masa depan

Saya khawatir bagi siswa yang belajar desain grafis di universitas tapi jangan mencoba untuk meningkatkan tingkat nya inovasi dan kreativitas dalam rangka meningkatkan. Hal ini akan mempengaruhi apakah ia dipekerjakan.

Siswa berbakat akademis dan ilmiah akan memiliki beberapa masalah karena majikan yang baik memerlukan siswa yang mampu membentuk ide-ide dengan cepat menggunakan program desain yang tepat untuk ide-idenya dan mampu menghasilkan mereka. Organisasi-organisasi lain tidak berguna bagi para desainer akademis. Ini adalah tingkat push-pull dari sektor desain grafis yang mencerminkan tingkat kesadaran konsep dan fungsi dari desain grafis.

Pasar mampu menyerap semua lulusan. Hal ini tergantung pada pengembangan metode komunikasi visual melalui desain grafis. Pembangunan tersebut membutuhkan kehadiran pekerja terampil mampu memenuhi kebutuhan pasar. Ini insentif tempat untuk organisasi pendidikan yang berhubungan dengan desain untuk merencanakan sesuai pasar desain grafis.

Realitas akademik desain grafis

Munculnya lembaga akademik yang mengkhususkan diri dalam seni dimulai di Universitas Yarmouk di mana seni dan musik pertama departemen didirikan pada tahun . Ini menjadi fakultas pada tahun mengajar drama desain industri interior dan grafis seni plastik dan musik. Universitas penghargaan sarjana derajat. Ini dimulai pada tahun pada puncak revolusi komputer dalam sektor desain di Yordania. In mengajar desain grafis dimulai sebagai spesialisasi independen dalam Departemen Seni di Universitas Ilmu Terapan. Hal ini diikuti oleh Ahiya Amman Universitas Universitas Petra Universitas Philadelphia AlZaytouneh University University of Jordan dan kemudian Universitas Buruk Bagus israh.

Selain dari universitas selama waktu ketika desain grafis menjadi populer dan profesi menguntungkan perguruan tinggi masyarakat mulai mengajar desain grafis. Ini termasuk Al-Quds College Granada College University College Tengah dan Putri Alya College.

Pekerjaan universitas bahwa penghargaan gelar sarjana mirip dengan perguruan tinggi yang hibah dua tahun ijazah karena siswa menghasilkan baik dengan sertifikat dalam desain grafis. Namun dalam kenyataannya di mana kreativitas dan keterampilan teknis yang bersangkutan kita menemukan perbedaan. Perbedaan adalah dalam kurikulum kursus dan termasuk memahami proses produksi identitas produk pengetahuan tentang perangkat lunak dan inovasi desain.

Ada kebingungan antara desain grafis dan seni grafis. Perbedaan ini mempengaruhi siswa terutama ketika ia memasuki lapangan kerja. Dia dinilai baik oleh kreativitas dan inovasi dalam memproduksi ide-ide baru dan kemampuan untuk menggunakan teknologi yang sekarang melibatkan komputer alat desain grafis utama.

Alasan untuk perbedaan ini menjadi jelas ketika kita melihat jumlah pekerja di pasar dan di mana mereka lulus dari. Selama waktu itu jumlah terbesar dari lulusan sedang diproduksi lulusan kualitas tertinggi yang diproduksi oleh terkenal lembaga dan ini direkrut oleh perusahaan paling sukses.

Perbedaan telah dikembangkan antara teknisi dan desainer. Hal ini karena beberapa institusi pendidikan berkonsentrasi pada teknologi dan aspek-aspek praktis dari perangkat lunak desain sedangkan yang lain mengembangkan kemampuan untuk menggunakan pengetahuan dan tahu bagaimana menghubungkan ide-ide dengan konteks psikologis dan sosial dan termasuk studi kualitatif teori dan kurikulum desain.

Alasan untuk hal ini adalah

– Tidak adanya ahli akademik khusus dalam desain grafis dan rendahnya kualitas dari beberapa guru.

– Tidak adanya studi yang sesuai rencana untuk menciptakan

grafis desainer

– Tidak adanya sistem mendefinisikan peran universitas dan perguruan tinggi dalam mengajar

desain grafis

– Tidak adanya pemeriksaan masuk ke kursus desain grafis seperti kursus dalam seni spesialisasi

– Link adanya The ke dunia luar selain melalui buku.

– Beberapa universitas dan perguruan tinggi tidak memahami konsep desain grafis dalam konteks industri.

– Tidak adanya dukungan pemerintah resmi untuk menemukan cara untuk membangun kurikulum inti untuk program universitas.

Saya telah diajarkan di departemen seni dari sejumlah universitas dan telah dinilai proyek kelulusan banyak. Ini memberi saya kesempatan untuk mencari tahu tentang ajaran desain grafis standar siswa dan menunjukkan kebutuhan untuk rencana studi yang sesuai. Ada kurangnya daya saing yang akan meningkatkan standar pendidikan dan ada penggunaan sewenang-wenang metode pengajaran. Tujuan bisa jernih tetapi sering kesalahan dalam tidak menggunakan metodologi pengajaran yang tepat mengarah kepada mereka tidak tercapai.

Dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan sektor desain grafis membutuhkan pekerja terampil dan kompeten. Para pekerja tidak akan mampu merespon perubahan dalam teknologi kecuali mereka memiliki pelatihan akademik formal. Untuk mencapai kemajuan ini adalah penting bahwa mahasiswa pascasarjana digunakan sebagai spesialis desain grafis.

Kesimpulan

Ada persyaratan di arena Yordania untuk sektor akademik dan profesional untuk meninjau pengalaman mereka dan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan mereka. Hal ini digunakan oleh mereka untuk mengatur strategi yang mampu memberikan desain grafis posisi terhormat layak.

Ada persyaratan bagi intervensi pemerintah untuk menyediakan arena di mana spesialis dalam desain grafis dapat mendiskusikan banyak konsep yang membantu mereka membuat pemilik perusahaan dan manajer menyadari bagaimana membuat penggunaan terbaik dari desainer grafis.

Serta mengajar desain grafis universitas dan perguruan tinggi harus mendukung pasar kebutuhan untuk desainer dan perajin dalam spesialisasi baru yang perlu diperkenalkan untuk mengurangi unemployment.There adalah kebutuhan untuk badan profesional dalam desain grafis untuk memberikan dukungan kepada desainer mengkoordinasikan pendidikan dan teknis persiapan dan untuk membuat kontak dengan dunia luar. Hal ini penting untuk mengadakan lokakarya dan simposium yang meningkatkan kompetensi desainer staf pengajar dan mahasiswa ini harus dilakukan dengan bantuan dari lembaga internasional yang dihormati dalam bidang ini.

Hal ini juga penting untuk mengadakan kompetisi nasional dan internasional untuk mendorong kreativitas dan inovasi. Ini akan menciptakan suasana kompetitif di mana desain grafis dapat berkembang.

Akhirnya penting untuk menciptakan identitas nasional di desain grafis yang dapat memperkuat posisinya di arena internasional.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: